Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Batang / Berita / PELATIHAN KETERAMPILAN USAHA INDUSTRI KERAJINAN PERIMPIL JAGUNG DI DESA KEMLIGI TAHUN 2022

Berita

PELATIHAN KETERAMPILAN USAHA INDUSTRI KERAJINAN PERIMPIL JAGUNG DI DESA KEMLIGI TAHUN 2022

Pelatihan Usaha Industri Kerajinan Perimpil Jagung

Batang Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat , Dra. Yulikha, M.Si, memberikan sambutan dan pengarahan pada kegiatan pelatihan ketrampilan usaha industri kerajinan perimpil  jagung di Desa Kemligi Kecamatan Wonotunggal pada kamis (11/08/2022). Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Batang memberikan bantuan alat berupa perimpil Jagung di Desa Kemligi, yang berguna untuk mempermudah hasil panen jagung yang ada di Desa Kemligi.  

Pelatihan ketrampilan ini bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Kemligi yang mana sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani jagung. Pada pelatihan ini dihadirkan narasumber dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM yang bernama Muhammad Arifiansyah dan Iqbal yang mana keduanya menyampaikan materi terkait perizinan dalam berdagang dan pemasaran produk di era sekarang.

Pelatihan ini dihadiri oleh warga desa Kemligi yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat. Pelatihan ini juga bertujuan untuk memudahkan petani jagung Desa Kemligi Kecamatan Wonotunggal mengelola hasil panen dengan cepat menggunakan mesin perimpil jagung.  Selain itu, para warga juga diberi kesempatan untuk mencoba mesin perimpil jagung dengan didampingi oleh pegawai Desa Kemligi.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut dapat memberi wawasan yang lebih terhadap warga desa setempat mengenai produksi UMKM beserta pemasaranya. Humdis/Mohamad Halim Prasojo