Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Batang / Berita / PELATIHAN MEMASAK KUDAPAN BAGI PENERIMA BANSOS PMT-AS/ PMT-POSYANDU KABUPATEN BATANG 2022

Berita

PELATIHAN MEMASAK KUDAPAN BAGI PENERIMA BANSOS PMT-AS/ PMT-POSYANDU KABUPATEN BATANG 2022

PELATIHAN MEMASAK KUDAPAN DARI DISPERMADES BAGI IBU PKK DAN KADER POSYANDU

Batang- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Rusmanto, M.Si memberikan Sambutan dan Pengarahan pada Pembukaan Kegiatan Pelatihan Memasak Kudapan bagi Desa Penerima Bansos PMT AS /PMT POSYANDU Kabupaten Batang Tahun 2022 yang bertempat di Aula  Dispermades Kabupaten Batang pada hari Rabu (13/07/2022).

PMT merupakan pemberian makanan tambahan yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai upaya penambahan gizi sekaligus penurunan angka stunting bagi anak-anak dan balita. Di Kabupaten Batang, persentase angka stunting sudah mencapai 14.5% atau apabila terdapat 100 anak maka 15 anak mengalami stunting.

Salah satu upaya agar stunting atau kekurangan gizi sejak bayi dalam kandungan ini cepat selesai, yaitu dengan cara 1 kader PKK  di desa mendampingi 1 ibu hamil. Hal ini dilakukan untuk keberhasilan pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Batang.  Berhasil atau tidaknya pembangunan diberbagai bidang terutama sumber daya manusia berawal saat manusia dalam kandungan.

Kesehatan perlu ditingkatkan terutama untuk balita dan anak usia sekolah dasar dengan penambahan makanan yang mengandung gizi seimbang. Selain penambahan makanan bergizi, balita dan anak anak juga perlu pemberian obat cacing setiap 6 bulan sekali. Pemberian ini dilakukan agar kondisi balita dan anak usia sekolah dasar sudah bebas dari penyakit cacingan yang merugikan tubuh.

Harapan dari kegiatan praktek membuat kudapan yang sudah dilakukan yaitu  dapat diterapkan pada masing-masing desa di Kabupaten Batang. Selain itu, bisa menambah berbagai varian kudapan untuk balita dan anak-anak yang mempunyai nilai gizi tinggi, bermutu dan aman untuk dikonsumsi. Humdis/Alissa Qotrunada